PENERAPAN
TEKNIK SEPAK BOLA VERBAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII
SMP N 2
KAMANG MAGEK
SKRIPSI
Diajukan
Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Guna Mencapai Gelar Sarjana Program Strata
Satu (S1) Pendidikan Matematika

Oleh
IRAWATI
NIM. 2410.056
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
BUKITTINGGI
ABSTRAK
Irawati
/ 2410.056 /
2015 : “PENERAPAN
TEKNIK SEPAK BOLA VERBAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP N 2
KAMANG MAGEK”
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
matematika siswa, kurangnya variasi mengajar dalam pembelajaran
matematika, ketidaksiapan
siswa dalam belajar dan Siswa
kurang termotivasi belajar matematika. Rata-rata hasil belajar siswa berada dibawah Kriteria Ketuntasan
Minimum (KKM) yaitu 75, dalam hal ini dilihat dari nilai ujian
semester I pada mata pelajaran
matematika siswa kelas VII SMP N 2 Kamang Magek. Untuk mengatasi masalah
tersebut peneliti melakukan penelitian
dengan menerapkan teknik sepak bola verbal .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika
siswa yang mengikuti pembelajaran teknik sepak
bola verbal lebih
baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional di kelas VII SMP N 2 Kamang Magek. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang mengikuti
pembelajaran teknik sepak bola verbal lebih baik dari
pada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional
pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 2 Kamang Magek. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah “Hasil
belajar siswa yang mengikuti pembelajaran Teknik sepak
bola verbal lebih baik dari pada hasil
belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional
pada mata pelajaran matematika di kelas VII SMP N 2 Kamang Magek.
Jenis penelitian ini adalah pra
eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII SMP
N 2 Kamang Magek, berjumlah 59 siswa yang
terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan
terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata
pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII1 sebagai kelas
kontrol.
Dari hasil analisis tes akhir
dengan menggunakan uji-t pada taraf
nyata α
= 0,05. Setelah dihitung diperoleh thitung = 2,20 dan ttabel
= 1,68.
Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak
pada taraf nyata α = 0,05, serta dengan menggunakan Minitab diperoleh Pvalue = 0,026 yang artinya Pvalue
< α dengan α = 0,05. Dari
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar
matematika siswa yang mengikuti teknik sepak bola verbal lebih baik dari pada
hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada
siswa kelas VII SMP N 2 Kamang Magek”.
Kesan dan pesan selama kuliah di IAIN
Bukittinggi
A. Kesan
Awal masuk di perguruan tinggi ini saya tidak
menyangka akan diterima di STAIN ini (yang sekarang sudah menjadi IAIN
Bukittinggi ). Pada awal kuliah saya merasa terasa asing berada di kampus ini,
dan setelah bertemu dengan teman-teman lokal yang baik dan memiliki jiwa
bersahabat semua menjadi lebih asyik. Selain itu dosen-dosen yang mengajar pada
prodi matematika memiliki berbagai macam sikap dalam menyikapi mahasiswa, ada
yang baik, pengertian kepada mahasiswa, dan mau mendengarkan pendapat
mahasiswa, selain itu ada juga yang acuh tak acuh kepada mahasiswa tetapi
walaupun seperti itu kami tetap positive thinking.
Pada semester-semester berikutnya saya merasa nyaman
kuliah di IAIN. Menjelang semester akhir dimana waktunya untuk membuat skripsi,
itulah yang membuat saya merasa seperti benar-benar merasakan apa yang
dinamakan dengan kuliah, karena untuk menyusun skripsi tersebut berbagai macam
rintangan serta suka cita yang saya rasakan. Tetapi berkat bantuan serta arahan
dari pembimbing skripsi saya, semuanya terasa agak ringan. Walaupun berbagai macam perasaan yang saya
alami selama kuliah di IAIN tetapi saya merasa bangga kuliah di IAIN.
B. Pesan
Untuk fakultas supaya fasilitas atau sarana dan
prasarana yang dibutuhkan mahasiswa supaya lebih diperhatikan seperti buku yang
ada di perpustakaan untuk diperbanyak serta pembangunan gedung yang harus
diselesaikan dengan cepat karena peminat IAIN sekarang lebih banyak.
Khususnya untuk adik-adik atau junior matematika
untuk tetap semangat dalam perkuliahan. Semangat adik-adikku……..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar